Home » , , , » JASA SERVICE PANEL LISTRIK

JASA SERVICE PANEL LISTRIK

Electrical switchboard atau panel listrik telah terbentuk berdasarkan susunan komponen listrik yang telah sengaja disusun dalam sebuah papan control, yang sehingga dapat memudahkan para penggunaanya.
melayani service panel listrik
PANEL LISTRIK
Untuk lebih mengenal fungsi dari panel listrik tersebut, kita telebih dahulu mengenal macam – macam  panel listrik tersebut. Berikut ini beberapa macam panel listrik yang perlu anda ketahui:
1. Panel KWH
Panel KWH yang Berfungsi untuk:
– mengukur sebuah daya pada masing-masing beban
– dan untuk sebagai tempat berkumpulnya beberapa KWH.
2. Panel Capacitor Bank 
–  MENURUNKAN BIAYA LISTIK PLN,
–  yang ada di KVAR.Bisa turun antara 10% hingga sampai 30%
–  menurunkan ampere beban motor
–  menjadikan kosphi sebesar 0,99
–  menghilangkan daya induktive yang telah ada di dalam motor
–  menjadikan motor lebih dingin dan serta stabil.
3. Panel  AMF-ATS
Fungsi Dari A.M.F(Automatic Main Failure) ialah:
– Secara Automatic  untuk Menghidupkan (Start) Gense di saat suplai Listrik dari PLN Gagal  atau  Padam
– dan sedangkan Fungsi dari A.T.S (Automatic Transfer Switch) Adalah
– secara Automatic untuk Membuka Suplay listrik dari genset dan serta untuk menutup suplay listrik dari PLN dan juga sebaliknya
– membuka suplay listrik dari PLN dan serta untuk Menutup suplay listrik dari genset itu sendiri dengan secara Automatic ketika Supay listrik dari PLN telah kembali
4. Panel Cos
Panel COS (change Over Switch) telah berfungsi sebagai:
– Panel penghubung dan serta pemutus  tegangan dari sumber listrik,
– Panel ini pada umumnya telah dioperasikan secara manual.
– Dengan pilihan 1-0-2 atau PLN-OFF-Genset
5. Panel Water Level Control 
Rangkaian Water Lever Control ( WLC ) atau pada rangkaian kontrol level air adalah merupakan sebuah aplikasi dari rangkaian yang konvensional di dalam bidang tenaga listrik yang telah diaplikasikan pada motor listrik yang khususnya pada motor induksi untuk pampa air.
Dan Fungsi dari rangkaian tersebut ialah untuk mengontrol level air
yang ada di dalam sebuah tangki penampungan yang telah banyak dijumpai di dalam rumah-rumah atau bahkan di dalam sebuah industri yang di mana pada level tertentu motor listrik atau pompa air akan dapat beroperasi dan pada level tertentu juga pompa air tersebut akan mati.
Untuk dapat mengontrol level air dalam tangki penampungan tersebut dapat menggunakan dua buah pelampung yang di mana masing-masing dari pelampung tersebut telah menentukan batas atas dan serta batas dari level air.
Jadi waktu saat anda sedangkan menjalankan pompa air tersebut, dengan dapat mengaplikasikan sebuah rangkaian Water Level Control pada pompa air yang telah anda gunakan, anda tidak perlu untuk menunggu hanya untuk mematikan pompa air tersebut pada saat tangki atau bak air telah penuh karena apabila air di dalam tangki sudah penuh maka pompa akan segera padam dengan sendirinya tanpa anda harus menekan tombol stop dengan manual.
6. Panel Listrik LVMDP / LVSDP
Fungsi dari low Voltage main distribution panel (LVMDP) sendiri ialah:
– Untuk sebagai panel penerima daya atau power dari sebuah transformer (trafo) dan serta mendistribusikan power tersebut untuk lebih lanjut ke dalam panel Low voltage sub distribution (LVSDP), dengan Menggunakan Air Circuit Breaker atau serta moulded case Circuit Breakers.
– Dan sedangkan fungsi dari Low voltage sub distribution (LVSDP) ialah untuk mendistribusikan power tersebut ke dalam peralatan electrical.
7. Panel Synchronizing
Dalam bahasa Indonesia telah lebih dikenal atau akrab dengan sebutan PANEL SYNCHRON Atau Panel Sinchron Genset yang di mana telah terdiri dari dua  genset atau bahkan lebih dan serta dapat  dioperasikan dengan secara Manual ataupun dengan secara Automatis, Panel ini bisa terdiri dari beberapa genset yang telah memiliki akan kapasitas yang telah berbeda-beda.
Semua akan dapat tergantung dari kondisi yang telah direncanakan dan serta diharapkan. Namun akan tetapi semua kondisi tersebut sama di dalam hal proses kerja dan serta sistemnya yakni bahwa Genset akan dapat bekerja dengan secara bersamaan dan serta menerima sebuah beban dengan secara bersamaan atau Synchron atau  Parallel dengan dua Genset atau bahkan lebih dan yang telah berkapasitas sama atau yang telah berbeda, panel ini akan dapat mempunyai fungsi yang telah sama dan akan tetap dapat untuk dipakai dan akan sesuai dengan kebutuhan anda, dan Genset tersebut kan dapat bekerja single atau sendirian saja, sehingga pemakaiannya bisa dapat untuk diefektifkan.