Home » , , , » INSTALASI PANEL OTOMATIS GENSET

INSTALASI PANEL OTOMATIS GENSET

Pemasangan panel Otomatis genset dapat dilaksanakan setelah pemasangan mesin diesel genset atau dapat juga dilaksanakan bersama-sama dengan pemasangan mesin diesel genset. Penempatan panel otomatis genset atau panel AMF/ATS dipasang berdekatan dengan genset ( dalam R. Genset ) hal ini untuk memudahkan pemeriksaan dan pengawasan dalam pelaksanaan pengoperasian genset dan sistem kerja panel Otomatis genset /AMF/ATS. 
                         INSTALASI PANEL OTOMATIS GENSET
melayani instalasi panel otomatis genset
INSTALASI PANEL ATS-AMF
MENJUAL PANEL ATS-AMF

Panel SDP ( Sub Distribution Panel ) dipasang berdekatan / berdampingan dengan panel utama ( LVMDP ) karena pengambilan dan pengalihan tegangan didistribusi dari LVMDP dengan sistem penyambungan antara beban keseluruhan yang dilayani dari sumber PLN dan beban yang memerlukan energi cadangan dimana ketika catu daya PLN mati / gangguan, beban ini tidak boleh berhenti terlalu lama dan diharapkan dapat beroperasi secara kontinyu. 59 3.3.4. Pemasangan Kawat Penghantar / Kabel Kawat penghantar / kabel dipasang dari panel genset ke panel SDP melalui sistem pengaturan / kendali panel AMF/ATS ( Automatic Main Failure / Automatic Transfer Switch ), yang dalam hal ini kawat penghantar / kabel yang akan dipergunakan adalah kabel type : NYY dengan ukuran luas penampang kabel disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan pada besarnya beban maksimum yang akan dilayani. Pemasangan kawat penghantar / kabel dimulai dari panel genset 1 ditarik/digelar melalui saluran kabel yang telah disediakan sesuai rencana, menuju ke panel SDP 1 melalui kontaktor Genset ( KG ) yang dipasang dalam panel AMF/ATS. 

                                        INSTALASI GENSET
MELAYANI INSTALASI GENSET
INSTALASI GENSET

Kemudian dari KG ditarik ke SDP 1 dan disambung ke MCCB utama SDP 1. untuk suplai tegangan 220/380 volt. Dan kabel induk / Power dari Trafo PLN yang menuju ke LVMDP 1 tetap tersambung seperti apa adanya. Dari busbar LVMDP 1 ditarik kabel menuju SDP 1 melalui MCCB kemudian disambung ke kontaktor trafo PLN ( KT ) dalam panel AMF / ATS sebagai suplai tegangan utama. MCCB utama SDP 1 interlock dengan MCCB yang ada di LVMDP 1 yang menghubungkan suplai daya PLN ke SDP 1. Demikian juga halnya dengan sistem pemasangan kawat penghantar / kabel pada genset 2 ke SDP 2 dan kabel dari LVMDP 2 ke SDP 2 adalah identik dengan sistem pada genset 1 / LVMDP 1. Perbedaaan antara LVMDP 1 dengan LVMDP 2 adalah dari sisi sumber tegangan dan Total beban yang dilayani oleh masing-masing LVMDP.
Demikianlah sekilas tentang instalasi panel otomatis genset,sebagai gambaran singkat bagaimana penempatan dan instalasi panel otomatis genset.
Hubungi kami
TUKANG LISTRIK 71